Roh Kudus Sang Pengubah Kehidupan

WhatsApp Image 2021-05-22 at 09.36.51

Yohanes 15:26-27; 16:4-15

Dalam Yohanes 15:26-27, Yesus menyatakan akan kehadiran Roh Kudus, Sang Penghibur. Roh Kudus dinyatakan adalah Pribadi yang diutus Yesus dan yang keluar dari Bapa itu akan “bersaksi” tentang Yesus (ay. 26). Kemudian dalam Yohanes 16:4-15 Yesus menyatakan ketika Yesus pergi dan meninggalkan para murid maka Roh Kudus Sang Penghibur akan datang kepada mereka dan akan berkarya dalam kehidupan mereka. Lalu siapakah Roh Kudus tersebut dan apakah yang menjadi karya-Nya?

  1. Roh Kudus adalah Allah Sang Kebenaran yang memberi penerangan bagi para murid dan orang-orang percaya untuk bisa menjadi saksi Kristus (15:26-27)

Roh Kudus adalah salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal, dan la setara dengan Allah Bapa dan Allah Putra. Kesaksian Yesus menyatakan bahwa Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. Bukti nyata karya penerangan Roh Kudus bagi para murid Yesus untuk menjadi saksi Kristus dinyatakan dalam Kisah Para Rasul: (1) Semua ajaran dari Yesus diingatkan kembali ke dalam pikiran mereka, pengetahuan, keberanian yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas mereka. (2) Kesaksian mereka dikuatkan oleh Roh Kudus dengan cara yang luar biasa dalam “keajaiban dan tanda.” (3) Bahkan bukti nyata karya Roh Kudus ini adalah menjaga iman dan pengajaran untuk percaya dalam Yesus Kristus tetap terjaga sampai pada gereja-gereja masa kini. Jadi sejak hari itu (zaman Perjanjian Baru) sampai saat ini Roh Kudus telah memberikan kesaksian yang terus menerus tentang Kristus.

Dalam pelayanan gereja masa kini termasuk GKI Perniagaan, Roh Kudus tetap memberikan kesaksian ini: (1) Roh Kudus bersaksi tentang kebutuhan manusia akan Kristus, dengan meyakinkan mereka tentang konsekuensi dari dosa adalah maut; (2) Roh Kudus menyatakan Kristus sebagai Juruselamat, dan memampukan orang yang bertobat untuk menerima dan bersandar pada Yesus untuk keselamatan. (3) Roh Kudus juga adalah Roh yang membimbing orang percaya untuk hidup dalam pengudusan, dan pertumbuhan (2 Pet. 3: 18; Ibr. 6: 1). Maka dari itu kita masuk dalam poin kedua yakni:

  1. Roh Kudus adalah Allah Sang Pengubah kehidupan setiap umat percaya (16:4-15)

Yesus Kristus menyatakan bahwa Penghibur—Roh Kudus kalau Ia datang, “Ia akan menginsafkan dunia  akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum” (ay. 8-11). Jadi Tuhan Yesus menjelaskan pekerjaan Roh Kudus di dunia ini dimana tidak dapat diabaikan bahwa pekerjaan Roh Kudus ini telah, dan harus terhubung dengan kesaksian Injil keselamatan dalam Yesus. Roh Kudus berkarya menginsafkan dunia akan dosa dan menyatakan penghakiman terhadap orang-orang yang hidup dalam dosa tetapi tidak hidup dalam Yesus Kristus.

Kemudian Yesus juga menyatakan dalam ayat 13-14 bahwa Roh Kudus: “akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.” Roh Kudus juga menguasai kehidupan orang percaya dan Roh Kudus juga mengendalikan kejahatan, pengaruh dosa, agar tidak sampai menghancurkan total kehidupan manusia. Dalam kehidupan orang percaya Roh Kudus bekerja dalam hati mereka agar mampu melawan dan menaklukkan dosa. Roh Kudus juga melahirbarukan dan memberikan arahan kepada orang percaya dari langkah ke langkah, dari hari ke hari, setiap waktu setiap saat. Ia memampukan orang percaya menjadi garam, terang, hamba dan menaati, memelihara, mengarahkan seluruh kehidupan mereka kepada Yesus.

Roh Kuduslah yang membuat orang berdosa menyadari keadaannya dan bahayanya, tetapi juga membuat orang tersebut menyesali dan bertobat, sementara penyesalan dan pertobatan diperlukan dalam pengampunan dan penerimaan. Bagi orang berdosa tidak ada penghiburan sejati yang tidak datang melalui keinsafan yang dikerjakan Roh Kudus. Jadi adalah benar bahwa Roh Kudus adalah Sang Pengubah hidup orang-orang percaya termasuk kita. (a) kesadaran kita diubah Roh Kudus sehingga kita menjadi orang yang insaf dan ingin hidup meninggalkan dosa; (b) kita diubah menjadi orang yang mengerti kebenaran Tuhan dan berusaha untuk menghidupinya; (c) kita juga diubah Roh Kudus dari hari demi hari menjadi “ciptaan baru” yang hidupnya punya satu tujuan yakni ingin memuliakan Tuhan selalu. Maka dari itu kita mau dituntun Roh Kudus untuk hidup semakin serupa Kristus sehingga kita hidup sebagai terang dan garam dunia, menjadi saksi Kristus dan menjadi orang yang menyatakan kasih kepada sesama.

 

 

WA

Leave a comment