Mari Berkreasi

news-thumb1280

1 Samuel 16:17-23

Musik sungguh mempesona. Mendengar atau bermain musik sangat menyenangkan. Melalui musik, kita dapat mengekspresikan isi hati, pikiran dan jiwa kita. Mendengar dan memainkan alat musik bisa melepaskan kita dari kepenatan akibat beban kerja yang berat. Musik memberikan kita ketenangan. Musik memberikan kita kesegaran, bahkan inspirasi dalam hidup sehari-hari.

Kira-kira, pengalaman seperti inilah yang dirasakan Daud dan Saul. Daud seorang yang sangat bertalenta dalam hal musik. Alat musik kesukaannya adalah kecapi. Ia sangat mahir memainkannya. Sangat mungkin ia juga menguasai alat-alat musik lainnya. Nampaknya, musik telah sangat melekat dengan hari-hari dan kesenangan Daud. Sambil menjaga domba-dombanya, Daud biasa bermain musik. Sambil bermain musik, ia juga bernyanyi. Bahkan, ada begitu banyak syair lagu yang telah berhasil digubahnya. Syair dan lagu tersebut dapat kita lihat pada sebagian besar kitab Mazmur.

Musik tidak hanya berguna bagi Daud sendiri, melainkan juga bagi orang lain. Setelah Saul berkali-kali melanggar perintah Tuhan, Roh Tuhan undur daripadanya. Sebaliknya, roh jahat berganti merasuk dirinya berulangkali. Setiap kali roh jahat merasuk, Saul merasa sangat terganggu dan tidak nyaman. Rasa terganggu dan tidak nyaman itu bahkan sampai dirasakan para pelayan dan prajurit-prajuritnya. Itu sebabnya, para pelayan mengusulkan agar Saul mencari seorang yang pandai bermain musik untuk menghibur dan menyembuhkan dirinya.

Ide bahwa musik mampu menyembuhkan ternyata bukanlah hayalan. Setelah tiba di istana Saul, Daud menjadi pelayannya yang setia. Setiap kali roh jahat datang mengganggu Saul, Daud mengambil kecapinya dan memainkannya. Setiap kali Daud memainkan musiknya, roh jahat itu pun undur dari pada Saul. Saul kembali merasa tenang dan nyaman. Kenyataan itu mendesak Daud untuk senantiasa berada di sisi Saul. Dengan alat musiknya, Daud menjadi ‘tabib’ yang luar biasa bagi Saul.

Hingga saat ini, penelitian-penelitian semakin membuktikan bahwa musik sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Para ahli, misalnya, merekomendasikan agar ibu-ibu hamil mendengarkan musik klasik secara teratur. Musik klasik dianggap mampu merangsang sel-sel otak manusia agar berfungsi lebih aktif. Meski masih di dalam kandungan, janin ternyata dapat merepon musik dengan cara yang sederhana.

Penelitian Universitas Wisconsin dan Universitas California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa anak-anak yang ikut kursus musik, terutama piano, punya kemampuan abstraksi yang bagus, yang sangat dibutuhkan dalam belajar matematika dan ilmu pengetahuan alam. Uniknya, kemampuan ini jauh lebih tinggi dibanding anak lain yang belajar komputer. Musik memberikan stimulasi yang sangat kaya bagi para pendengar dan praktisinya. Anak-anak prasekolah yang mendapatkan latihan musik dan menari menunjukkan kemampuan prima saat belajar tentang kreativitas. Dengan musik, si kecil mengembangkan kapasitasnya secara optimal.

Peneliti Simone Ritter dari Radbound University (Belanda) dan Sam Ferguson dari University of Technology Sydney (Australia) mengungkapkan bahwa “mendengarkan lagu-lagu bahagia membantu otak berpikir kreatif atau out of the box, dibandingkan berada dalam keheningan”. Artinya, kebahagiaan dan kreativitas muncul lebih besar ketika mendengarkan musik ketimbang berada di dalam kesunyian.

Oleh karena itu, Saudara, marilah kita lebih berkreasi dalam bermusik. Lebih banyaklah mendengarkan musik, ketimbang melulu berdiam di dalam kesunyian. Akan tetapi, bijak jugalah memilih lagu-lagu yang didengarkan. Pilihlah „lagu-lagu bahagia‟ yang membangkitkan semangat dan optimisme hidup. Kenyataannya, banyak juga lagu-lagu yang justru menimbulkan rasa galau. Lagu-lagu seperti ini justru membuat orang tawar hati, putus asa dan semakin merana. Itu sebabnya, kita harus bijak memilih jenis musik dan isi syair dari lagu yang kita dengarkan. Sedapat mungkin, doronglah diri kita dan anggota keluarga kita untuk semakin mencintai musik, khususnya musik dan lagu-lagu rohani. Dengan begitu, kita dapat memuji Tuhan setiap saat. Selain itu, kita juga dapat memperoleh semangat, ketenangan, kesembuhan dan optimisme hidup melalui inspirasi iman di dalam lagu-lagu tersebut. Tuhan memberkati kita. Amin.

MM

 

Leave a comment