Bertumbuh dalam Kristus, Berbuah dalam Karya

WhatsApp Image 2021-05-08 at 09.19.07

Yohanes 15:1-8

Bapak ibu, hidup yang beriman dalam Yesus Kristus adalah kehidupan yang terus bertumbuh dan juga berbuah. Kita dapat hidup bertumbuh dan berbuah hanya oleh anugerah Tuhan semata. Dalam Yohanes 15 Yesus mengatakan kita seperti ranting-ranting pohon anggur yang seharusnya bertumbuh dan berbuah. Yesus memberikan pengajarannya dengan menggunakan tanaman anggur sebagai penggambaran, di mana  Yesus adalah sebagai pokok anggur (ay. 1, 5), dan kita adalah ranting-rantingya (ay. 5).  Pokok anggur adalah sumber kehidupan dari tanaman anggur, jika ranting terlepas dari sumbernya, ia tidak akan memiliki kehidupan, ia akan mati. Namun jika ranting-ranting itu tetap dalam pokok anggur maka ranting tersebut akan menghasilkan buah. Jadi kita mau hidup bertumbuh dan berbuah dalam hidup ini maka kita harus hidup tinggal di dalam Kristus yang berarti kita selalu berfokus kepada Tuhan dan melibatkan Tuhan dalam segala hal yang mereka pikirkan dan lakukan.

Ada dua hal penting yang dapat kita pelajari dari perikop Yohanes 15:1-8 untuk kita hidup bertumbuh dalam Kristus dan berbuah dalam karya:

  1. Tinggal dalam Yesus supaya iman kita terus dipelihara

Hidup tinggal dalam Yesus berarti hidup percaya, berserah, dan mengandalkan Tuhan. Jelas Yesus mengatakan bahwa “Akulah pokok anggur yang benar” yang menyatakan bahwa hanya Yesuslah sumber iman yang benar itu berasal. Kemudian Yesus mengatakan kepada murid di ayat 3 bahwa “Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu” yang menyatakan bahwa dosa-dosa yang memisahkan relasi manusia dengan Allah telah dibersihkan oleh Tuhan sendiri melalui karya-Nya di atas kayu salib.  Oleh karena itu Yesus memerintahkan untuk tinggal di dalam-Nya agar mereka dapat tetap dipelihara Tuhan.  Dipelihara dari dunia yang akan membenci mereka (15:18-19; 16:1-2) dan dijagai untuk teguh menghadapi goncangan-goncangan iman berikutnya akan satu persatu datang.  Anak-anak Tuhan perlu tinggal di dalam Tuhan agar iman mereka dapat tetap terpelihara.

  1. Tinggal dalam Yesus supaya kita semakin serupa Kristus

Dalam ayat 5 Yesus kembali menyatakan bahwa Dia adalah pokok anggur yang benar, dan jika kita di luar Kristus maka kita tidak bisa berbuat apa-apa. Maksud dari “tidak dapat berbuat apa-apa” di sini berarti tidak dapat bertumbuh dan tidak dapat berbuah dalam karya

untuk memuliakan Tuhan apalagi untuk hidup serupa Kristus. Jadi kita harus tinggal dalam Yesus untuk kita dapat berkarya memberi buah dan berkarya untuk hidup semakin serupa Kristus. Jelas sekali dalam Injil Yohanes menunjukkan bagaimana Kristus hidup yaitu untuk melakukan kehendak Bapa di surga.  Yesus melakukannya dengan taat sampai mati, menyerahkan hidup-Nya untuk menyelamatkan manusia yang berdosa.  Kristus sudah memberikan teladan yang sempurna dengan bukti yang nyata.  Demikian juga Tuhan ingin setiap murid-Nya yang sudah menerima karya penebusan-Nya, mengikuti teladan Dia dengan berbuah.  Ayat 8 dikatakan, “Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak.”

Jadi sebagai penutup saya mengajak setiap kita untuk hidup tinggal dalam Yesus di mana iman kita akan terus terpelihara dan juga kita dapat berkarya memberi buah untuk hidup serupa Kristus dan memuliakan Tuhan. Hanya tinggal dalam Kristuslah maka kita akan bertumbuh dalam-Nya dan berbuah dengan karya untuk memuliakanNya.

Leave a comment